Friday, January 20, 2017

SOAL BIOLOGI UN 2017 HARUS SESUAI KISI KISI INI

Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapatkan penekanan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik 


SOAL UN BIOLOGI 2017
  1. Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan
  2. Siswa mampu memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
  3. Siswa mampu memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya 
  4. Siswa mampu memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi misalnya jaringanya meliputi apa saja dan bagaimana deskripsinya 
  5. Siswa mampu memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
  6. Siswa mampu memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan  pada manusia dan fungsinya
  7. Siswa mampu memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
  8. Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya  
  9. Siswa mampu memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun karakter jenis kromosom 
  10. Siswa mampu memahami dan menguasai - metabolisme sel mekanisme respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
  11. Siswa mampu memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang dipakai untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
  12. Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendel dengan penerapan perkawinan dihibridnya
  13. Siswa mampu memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin 
  14. Siswa mampu memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
  15. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup misalnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta 
  16. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan baik dampaknya akibat polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang menyebabkan Eutrofikasi dengan dampaknya
  17. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
  18. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun 
  19. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
  20. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
  21. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzim cirinya , cara kerja dan percobaan nya dilaboratorium  pada katalase dengan H2O2 nya
  22. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE 
  23. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang anabolisme, meliputi Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
  24. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis 
  25. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan kode genetiknya 
  26. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
  27. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - penyimpangan semu hukum Mendel pada peristiwa atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
  28. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over 
  29. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hereditas manusia pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , kasus lethal maupun lewat diagram pedigree nya
  30. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - petunjuk/bukti-bukti evolusi dijelaskan 6 bukti evolusi misalnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
  31. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang · Merancang percobaan bisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasil ditanya maupun urutan methode ilmiahnya
  32. Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidup baik tumbuhan dan hewan
  33. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan dan dampaknya
  34. Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
  35. Siswa mampu menggunakan nalar dalam-percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  36. Siswa mampu menggunakan nalar dalam:-percobaan tentang transpor membran
  37. Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan metabolisme sel
  38. Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan bioteknologi
  39. Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- hereditas manusia dalam peta silsilah
  40. Siswa mampu menggunakan nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi
PREDIKSI 1
PREDIKSI 2 
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4 



PREDIKSI 5


HASIL BEDAH

  1. Dapat menunjukkan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
  2. Dapat menjelaskan fungsi dari bagian dari struktur bakteri
  3. Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam manusia
  4. Dapat menunjukkan contoh keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
  5. Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
  6. Dapat menunjukkan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada manusia
  7. Dapat menjelaskan fungsi bagian Organ mata/telinga tertentu
  8. Dapat menjelaskan fungsi bagian organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
  9. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya
  10. Dapat menunjukkan senyawa kimia/sifat kimia membran sel bagian tertentu
  11. Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
  12. Dapat menunjukkan struktur DNA/RNA yang tepat
  13. Dapat menentukan cara kerja enzim menurut teori lock and key/induced fit
  14. Dapat menjelaskan salah satu contoh bioproses produk bioteknologi konvensional
  15. Dapat menunjukkan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
  16. Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para ahli pencetus teori biogenesis
  17. Dapat menunjukkan peristiwa mutasi gen
  18. Dapat menunjukkan peristiwa mutasi kromosom yang mengakibatkan kelainan pada manusia
  19. Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
  20. Dapat menentukan peran cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
  21. Dapat menentukan ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan bakteri dan protista
  22. Dapat menunjukkan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
  23. Dapat menunjukkan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
  24. Dapat menentukan dalam menggolongkan tumbuhan lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
  25. Dapat menentukan dasar klasifikasi penggolongan tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
  26. Dapat menentukan ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
  27. Dapat menentukan ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari hewan Vertebrata
  28. Dapat menentukan proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
  29. Dapat menentukan peran komponen ekosistem dalam jejaring makanan pada satu contoh ekosistem
  30. Dapat menentukan proses suatu komponen pada aliran energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
  31. Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya 
  32. Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan akibat bencana alam atau kegiatan manusia terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya 
  33. Dapat menentukan proses mekanisme kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada manusia misal Fleksor ekstensor dengan gambar
  34. Dapat menentukan hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
  35. Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru saat proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
  36. Dapat menentukan proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada bagian tertentu misal di Glomerulus ada apa 
  37. Dapat mengurutkan mekanisme penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada kejadian gerak refleks mis ada gambar atau narasi 
  38. Dapat menentukan proses mekanisme menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
  39. Dapat menentukan tujuan salah satu proses imunisasi buatan misal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
  40. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
  41. Disajikan proses yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan, siswa dapat menentukan gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema 
  42. Dapat menentukan proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal mekanisme transport difusi atau osmosis dengan gambar
  43. Dapat menentukan perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan tentang pengaruh faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
  44. Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
  45. Dapat menentukan senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
  46. Dapat menentukan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek karena dalam kontraksi kurang O2
  47. Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
  48. Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
  49. Dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada bagan tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
  50. Dapat menentukan prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
  51. Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan monohibrid hukum Mendel maupun dihibrid
  52. Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan dihirida hukum Mendelmisal ditanya F2 nya
  53. Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan hukum Mendel dari kasus atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplementer misal perkawinan F2 nya bagaimana 
  54. Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
  55. Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
  56. Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi menentukan kelompoknya
  57. Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang tepat atas kasus kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada masalah bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana 
  58. Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah manusia
  59. Dapat menyimpulkan bagian organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil pemeriksaan klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
  60. Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan tumbuhan berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan 
  61. Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan tumbuhan karena pengaruh faktor luarmisal dapat menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
  62. Dapat menyimpulkan hasil percobaan mekanisme transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
  63. Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase karena pengaruh faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat 
  64. Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan bakteri menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
  65. Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
  66. Disajikan peta silsilah persilangan hereditas manusia siswa dapat Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat manusia pakai peta silsilah
  67. Dapat menemukan satu contoh peristiwa pembentukan spesies baru (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
  68. Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari kasus perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier 
APLLY
AGAIN
BEDAH UN 2017 

    No comments:

    Post a Comment