RPP BIOLOGI KELAS XII
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein Tujuan : - Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan : - Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
II. Materi Ajar · Proses katabolisme lemak · Proses katabolisme protein · Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
III. Metode Pembelajaran Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | - Mendeskripsikan proses katabolisme lemak
- Mendeskripsikan proses katabolisme protein
- Mendeskripsikan hubungan katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
| - Mendiskusikan hubungan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
| - Siswa dapat Mendeskripsi kan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 13 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) - Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis )
- Mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli )
- Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
- Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.
B, Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi : - Dengan menggunakan Gambar , Siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, - Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: - Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
B, Kegiatan akhir (20 menit) - Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
| |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pertemuan : 14, 15, dan 16 Alokasi Waktu : 6 × 45 menit Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : - Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi - Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
- Mendeskripsikan struktur DNA
- Mendeskripsikan proses replikasi DNA
- Mendeskripsikan struktur RNA
- Membedakan DNA dan RNA
II. Materi Ajar - Struktur sel dan kromosom
- Hubungan kromosom, gen, dan DNA
- Struktur DNA
- Replikasi DNA
III. Metode Pembelajaran Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | - Menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati gambar
- Mendeskripsikan beberapa eksperimen untuk menemukan struktur penyusun gen
- Menggambar struktur molekul DNA
- Mendeskripsikan eksperimen untuk menemukan struktur 3 dimensi DNA
| - Membaca buku dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep
- Diskusi hubungan antara kromosom, gen, dan DNA
- Diskusi struktur DNA dan RNA
- Diskusi replikasi DNA
| - Siswa dapat Mendeskripsi kan hubungan sel, kromosom gen, dan DNA
- Siswa dapat Mendeskripsi kan struktur DNA
- Siswa dapat Mendeskripsi kan proses replikasi DNA
- Siswa dapat Mendeskripsi kan struktur RNA
- Siswa dapat Membedakan DNA dan RNA
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 14 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) - Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis )
- Mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli )
- Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
- Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B, Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : - Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, - Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: - Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
B, Kegiatan akhir (10 menit) - Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
| |
Pertemuan 15 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) - Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis )
- Mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli )
- Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
- Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
- Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).
B, Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : - Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, - Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar XDNA bagi penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh Watson dan Crick. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Dengan menggunakan Gambar atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Dengan menggunakan Gambar siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: - Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
B. Kegiatan akhir (10 menit) - Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
| |
Pertemuan 16 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal - Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis )
- Mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli )
- Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
- Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
- Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.
A. Kegiatan inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : - Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, - Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
- Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: - Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
B. Kegiatan akhir - Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
| |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pertemuan : 17 Alokasi Waktu : 2 × 45 menit Standar Kompetensi: 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein Tujuan : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil. I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Menjelaskan kode genetik (Kodon) · Mendeskripsikan proses sintesis protein
II. Materi Ajar · Kode genetik · Sintesis protein
III. Metode Pembelajaran Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Mendeskripsikan eksperimen untuk menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip · Mendeskripsikan proses sintesis protein | · Diskusi hubungan antara genotip dan fenotip · Diskusi pengaturan kode genetika (kodon) · Diskusi proses sintesis protein | · Siswa dapat Menjelaskan kode genetik (Kodon) · Siswa dapat Mendeskripsikan proses sintesis protein |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan I7 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (20 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA. · Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat / Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pertemuan : 18, 19, dan 20 Alokasi Waktu : 6 × 45 menit Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat Tujuan : 1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); 2. Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Menggambar siklus sel · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah · Mengamati pembelahan sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis.
I. Materi Ajar · Siklus sel · Mitosis · Meiosis · Gemetogenesis
III. Metode pembelajaran Pengamatan-Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Menggambar tahap-tahap pembelahan sel berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan berdasarkan gambar sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan proses pembelahan meiosis. · Menggamabar tahap-tahap pembelahan meiosis | · Membaca dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep · Diskusi proses pembelahan sel · Diskusi proses pembelahan meiosis · Diskusi gametogenesis | · Siswa dapat Menggambar siklus sel · Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah · Siswa dapat Mengamati pembelahan sel · Siswa dapat Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 18 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan. · Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
Pertemuan 19 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis. · Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis). B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mengumpulkan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
Pertemuan 20 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (20 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya. · Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I. · Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Laporan hasil pengamatan · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pertemuan : 21, 22, 23, dan 24 Alokasi Waktu : 8 × 45 menit Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas Kompetensi Dasar : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat Tujuan : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel · Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid · Menerapkan beberapa pola penurunan sifat · Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia.
II. Materi Ajar · Hukum Mendel · Pola-pola hereditas · Genetika manusia
III. Metode Pembelajaran Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | Memahami proses penemuan hukum Mendel Memamahmi berbagai pola hereditas | Diskusi memahami hukum Mendel Diskusi berbagai pola-pola hereditas Diskusi penerapan genetika pada manusia Penugasan kegiatan | · Siswa dapat Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel · Siswa dapat Menguji hukum Mendel dan model perkawinan monohigrid dan dihibrid · Siswa dapat Menerapkan beberapa pola penurunan sifat · Siswa dapat Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia |
IV. Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 21 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa. · Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel. · Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyusun laporan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2). · Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2). · Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel. B. Kegiatan inti (75 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (5 menit) · Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
· Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia. · Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia. · Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (5 menit) · Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Laporan hasil kegiatan · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pertemuan : 25 dan 26 Alokasi Waktu : 4 × 45 Menit Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas Tujuan : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Mendeskripsikan pengertian mutasi · Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen · Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom · Mengubungkan mutasi dan evolusi.
II. Materi Ajar · Pengertian mutasi · Macam-macam mutasi: 1. Mutasi gen 2. Mutasi kromosom
III. Metode Pembelajaran Diskusi- Penugasan-Simulasi model
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Menyusun rangkaian basa nitrogen dan jenis asam amino yang dihasilkan · Menentukan jenis perubahan susunan basa nitogen dan dampaknya · Mengamati gambar genom manusia · Menentukan perubahan kromosom dan dampaknya | · Diskusi pengertian mutasi · Diskusi mutasi gen · Diskusi mutasi kromosom · Penugasan menyusun kertas kerja | · Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian mutasi · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom · Siswa dapat Menghubungkan mutasi dan evolusi |
IV. Langkah-Langkah pembelajaran Pertemuan 25 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya. · Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 26 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi. · Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom. B. Kegiatan inti (75 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3 atau diskusi Salingtemas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Ujian kompetensi tertulis · Tugas kertas kerja
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA GONZAGA . Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2 Pertemuan : 27 Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi Tujuan : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan · Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar · Hipotesis asal usul kehidupan · Teori evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran Diskusi
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Menemukan adanya gejala keanekaragaman · Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati · Menggambar skema teori evolusi Darwin · Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin | · Membaca buku untuk menyusun peta konsep · Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup · Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis · Diskusi memahami teori evolusi | · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan · Siswa dapat Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 27 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
· Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi. · Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2 Pertemuan : 28 dan 29 Alokasi Waktu : 4 × 45 menit Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi Tujuan : Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Menujukkkan bukti-bukti evolusi · Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia · Menerapkan hukum Handy-Weinberg
II. Materi Ajar · Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin · Teori evolusi biologi dan kimia · Hukum Hardi-Weinberg
III. Metode pembelajaran Diskusi -Penugasan
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia · Menjelaskan berbagai bukti evolusi · Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia | · Diskusi percobaan Harold Urey · Diskusi hukum Hardy-Weinberg · Menonton VCD tentang evolusi | · Siswa dapat Menujukkan bukti-bukti evolusi · Siswa dapat Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia · Siswa dapat Menerapkan hukum Hardy-Weinberg |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 28 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu).
· Guru menjelaskan bahwa teori evolusi. Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut. · Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi? B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi. (Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD prokontra evolusi Harun Yahya). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2 Pertemuan : 30 Alokasi Waktu : 2 × 45 menit Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi Tujuan : Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil. I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi · Menjelaskan teori evolusi netral
II. Materi Ajar · Mutasi DNA dan dampaknya · Teori evolusi netral · Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi
III. Metode Pembelajaran Diskusi -Penugasan
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi | · Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam · Diskusi teori evolusi, netral | · Siswa dapat Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi · Siswa dapat Menjelaskan teori evolusi netral |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 30 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) 1. Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) 2. KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) 3. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · · Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis · Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2 Pertemuan : 31, 32, 33 Alokasi Waktu : 6 × 45 Menit Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi Tujuan : Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Menjelaskan pengertian bioteknologi · Membedakan bioteknologi tradisional dan modern · Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya · Membuat produk bioteknologi tradisional · Mengekstraksi DNA
o Materi Ajar · Pengertian bioteknologi · Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern · Rekayasa genetika
III. Metode pembelajaran Diskusi-Eksperimen
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional · Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi | · Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern · Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi · Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA | · Siswa dapat Menjelaskan pengertian bioteknologi · Siswa dapat Membedakan bioteknologi tradisional dan modern · Siswa dapat Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya · Siswa dapat Membuat produk bioteknologi tradisional · Siswa dapat Mengekstraksi DNA |
IV. Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 31 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan. · Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi B. Kegiatan awal (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan inti (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih( Ketauladanan, Cinta kesehatan, disiplin, religius, kritis ) · KM mengecek absen teman-temanya dan melaporkan kepada guru ( Jujur, Peduli, T.jawab , patuh/ taat, Peduli ) · Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai, metode, tujuan pembelajaran, nilai akhlaq dan karakter bangsa yang diamalkan bersama ( Kerja keras, Cinta ilmu). · Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1. B. Kegiatan inti (50 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (30 menit) · Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 33 (2 × 45 menit) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA. · Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2. · Siswa mengamati hasil eksperimen. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2. · Siswa menyusun laporan hasil eksperimen. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mengumpulkan laporan hasil. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/bahan/sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Uji kompetensi tertulis · Laporan hasil kegiatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : ......................... Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2 Pertemuan : 34 Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas Tujuan : Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Karakter siswa yang diharapkan : § Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : § Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi · Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya · Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
II. Materi Ajar · Tanaman transgenik dan dampaknya
III. Metode Pembelajaran Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri | · Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya · Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya | · Diskusi Salingtemas · Membuat kliping | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya · Siswa dapat Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 31 (2 × 45 menit) Uraian Kegiatan | Alokasi waktu | A. Kegiatan awal (15 menit) · Guru berpakaian rapih, bersih dan sopan, masuk dan keluar kelas tepat waktu dan mengucapkan Salam yang benar dan fashih.( Ketauladanan,Cinta bersih, Disiplin, Religius, Kritis). · Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. · Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas. A. Kegiatan iinti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Siswa mengumpulkan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); B. Kegiatan akhir (15 menit) · Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); · Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); | |
V. Alat/ Bahan/ Sumber · Buku Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian · Laporan diskusi Salingtemas · Tugas fiksi ilmiah Mengetahui, Kepala SMA GONZAGA
| | 5 JULI 2015 Guru mapel Biologi
ISHARMANTO | |
|
|
No comments:
Post a Comment